Minggu, 30 April 2017

SBMPTN:The Gate To My University Life PART 2

Tidak terasa sudah 9 bulan gue menelantarkan blog ini! Bentar-bentar, gue beberes blog dulu ya biar gak banyak debunya gini.

*hush hush hush*
*kemudian mengusir gembel yang udah mulai tidur-tiduran di blog* ahahaha


Okee mungkin banyak dari kalian yang udah MENANTI kelanjutan kisah gue sejak 26 Juli yang lalu bukan? Seperti apa lanjutannya? Bagaimana kesiapan gue menunggu pengumuman SBMPTN? Apakah gue diterimaa? Eaaaaaa..

Sepulang dari SBMPTN gue udah makan sekenyan-kenyangnya. Karena gue tipe yang stress-eater, berat badan gue naik 6 kilogram! Edan wkwk.

Gue buka HP, nanya-nanya ke temen, nanya soalnya gimana susah gak? Pada jawab susah. Bahkan Tes Kemampuan Dasarnya dibilang susah sama anak IPA. Saat itu gue udah bener-bener bodo amat dan ga berharap diterima. Ekspektasi gue 0%.

Hari itu hari Selasa, 31 Mei 2016. Lima hari lagi SIMAKUI. Gue kembali membaca buku kuning, tapi otak gue gak bisa mencernanya, kayak gue udah 3 MINGGU full belajar dan otak gue udah tahap kenyang. Akhirnya di detik itu gue memutuskan "Udah gak usah belajar lagi ah capek, mending main sama nonton aja".

Iya guys, setelah 3 minggu belajar dan dikecewakan oleh SBMPTN gue malah jadi nggak bernafsu untuk belajar lagi. Betul-betul nggak mampu.

Lalu beredarah kunci jawaban SBMPTN dari tempat les, Gue sebenernya mau bodo amat gak mau ikutan ngitung nilai, tapi gue kepo juga sih. Akhirnya gue hitung bagian TKPA saja, wah ternyata gue banyak banget salahnya euy. Bahkan ada soal yang sebenrnya luar biasa gampang bahkan sekedip pun udah ketauan jawabannya, cuma karena gue lagi jelimet dan pusing, soal tersebut jadi terkesan sulit dan gak ketemu-ketemu jawabannya. Setelah gue hitung-hitung, skor gue untuk TKPA 29%.

Hmmm gue gak berani sih ngitung nilai soshum, takut rendah diri. Akhirnya gue kira-kira aja, anggap aja gue betul semua 47 soal, berarti skor soshum gue 78%.. Hmm gak jatuh-jatuh amat sih sama tryout, biasanya yang 78% TKPA dan yang 29% soshum sekarang kebalik, itung aja tuh berapa skor totalnya. Heheeheh gue lupa sih kayanya sekitar 46% gitu deh??

~~~~

Nah sebelum SIMAK UI, gue tuh bener-bener main doang kerjaannya.

Hari SIMAK UI pun tiba, gue SIMAK di sekolah yg cuma sekitar 1 km dari rumah, jadi gue jalan kaki. Disitu ternyata isinya gak cuma anak Depok aja, gue malah kenalan sama anak Jambi hehehe.


Seperti yang legenda katakan, soal SIMAK UI lebih susah dan pengawasannya lebih ketat. Ternyata itu nggak benar kawan-kawan, pengawas SIMAK UI adalah mahasiswa UI, dan soal keketatan pengawasnya tergantung individu mahasiswa tersebut. Kalo kelas gue, SIMAK UI ternyata gak se-strict SBMPTN, Terus soal SIMAK juga nempel gitu sama LJKnya, jadi LJK nya disobek di pojok kanan atas. Agak-agak takut gitu sih, takut kalo nanti LJK gue rusak. Gue suka parno gitu kalo LJK gue tergelincir terus hilang dan gak kekoreksi :(

Dan pas dibaca soalnya.. wah ternyata susahan SBMPTN, terutama TKPAnya. Ini bener-bener mirip tryout biasa. Plus gak ada tes potensi akademik, adanya cuma matdas, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan soshum. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggrisnya pun mirip kayak soal UN alias gak bikin berkerut-kerut gitu keningnya. In the end, gue Bahasa Inggris dan Indonesia isi semua, matematika isi 1, soshumnya gak banyak diisi karena kebalikannya SBMPTN, disini soal soshumnya lebih susah dan gak bisa dinalar :(


Habis SIMAK udah deh byaar kelar. Gue seneng-seneng, apalagi besoknya puasa juga kan :)

Puasa 2016 gue bener-bener rajin ibadah, rajin teraweh, ngaji tiap hari, gak macem-macem. Soalnya hati gue banyak gak tenang gitu. Gue juga rajin nonton film tiap hari. Yaaa gue punya waktu 3 minggu sebelum menunggu pengumuman.

~~

Selasa 28 Juni 2016

Hari H pengumuman pun tiba. Saat itu gue lagi nonton film Schindler's List. Siang-siang langit kelabu dan mendung. Gue tidur-tiduran dengan dada sakit dan sekujur tubuh lemes. Jujur gue gak pernah seanxiety itu seumur hidup. Dada gue bener-bener sesek dan tubuh gue lemes gak bisa bergerak. Apalagi cuaca mendung dan soundtrack pilunya Schindler's List kebayang-bayang. Gue lagi mempersiapkan mental untuk melihat layar merah dan membaca "Mohon Maaf" untuk yang ketiga kalinya setelah SNMPTN dan PPKB...

Jam 2 Siang, pengumuman SBMPTN dibuka di laman resmi dan mirror page SBMPTN.

"Berarti hasil gue udah ada nih." pikir gue. "Jawaban salah gue juga udah diperiksa.. ahahah.. kapan ya gue siap untuk melihat layar merah itu" Pikir gue yang tidak ingin segera membuka pengumuman.

Gue maunya buka sore-sore aja bareng orang tua gue.

Terus ayah gue SMS ngasih tau kalo beberapa temen ada yang diterima di PTN terkemuka dengan jurusan terkemuka. Jujur gue agak lega sedikit, soalnya temen gue ini adalah yang cerita sama gue kalo pas SBM dia ngisinya dikit banget karena soalnya susah.

Tapi tetep gue bukanya sore hari, bersama orang tua gue, menjelang buka puasa. Layar HP agak diarahkan ke Mama gue. Gue gak berani melihatnya.

Alhamdulillah, cendol mateng. Ternyata gue diterima

~~~

Ehehehe

Di post berikutnya gue akan ceritain tips-tips SBMPTN yang gue dapetin dari temen-temen kampus gue setelah setahun kuliah.
Tipsnya mudah kok, dan kalian gak perlu pintar untuk bisa mendapatkannya. Semangaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar