Minggu, 30 April 2017

Gimana Caranya Lolos Tes Masuk PTN?

Mungkin ratusan ribu peserta SBMPTN tiap tahunnya menanyakan hal tersebut. Sebelumnya, gue juga bertanya-tanya bagaimana caranya biar bisa lolos? Bayangkan dari ribuan pesaing cuma hitungan jari sampai puluhan yang diterima. Akankah kita harus berotak super jenius dan mendapatkan ranking tertinggi di tryout terus menerus?

Memang secara statistik, orang yang biasa dapat nilai tertinggi di bimbel biasanya akan lolos SBMPTN. Akan tetapi, tidak semuanya karena ada satu faktor yang menentukan, yaitu keberuntungan. Apakah kalian di hari ujian akan dapet paket soal yang susah atau yang gampang?

Maka dari itu ada banyak orang yang belajarnya biasa aja sampai gak belajar sama sekali tapi lolos SBMPTN, itu karena faktor force majeure ini, faktor yang diluar kuasa kita. Entah kita bakal dapat soal susah atau gampang, banyak-banyak berdoa aja, ehehehe.

Skor kamu cuma 36%? Kamu tetep bisa ketampung kok dengan syarat nilai yang lainnya tidak banyak yang lebih tinggi.

Terus nggak dapet SBMPTN bukan berarti gak pintar lho. Anggap aja kuotanya 8, kamu ranking ke 9. Kamu nyaris masuk bukan?

Oleh karena itu tips yang pertama adalah pintar-pintar memilih urutan prioritas berdasarkan jurusan atau PTN. Passing grade bimbel itu semuanya karangan kok, cuma kalian boleh ngejadiin itu patokan. Atau liat aja ketetatan daya tampung tahun lalu sebagai patokan kalian dalam membuat prioritas.


Yang kedua adalah capailah nilai setinggi-tingginya, kalo passing gradenya 50, capai nilai 60 biar kemungkinan kepotong kuotanya kecil.

Fakta: Semakin tinggi nilai kamu semakin dikit kembarannya.

Karena dalam hasil simulasi SBMPTN 2016, terlihat dari 3000 orang urutan nilainya adalah kira-kira sebagai berikut:


50
49
48
47,5
47
46,
45,5
45
dst..

Walau nilai tertingginya 50, tapi nilai 40 pun masih masuk dalam kuota 20 orang.
Lalu semakin kebawah, jarak antar nilai semakin tipis seperti

38
37,9
37,8
37,7
37
37
37
37

Bahkan semakin kecil, semakin kembaran nilainya makin banyak hingga berjumlah ratusan.
Jadi jika nilaimu kecil, besar kemungkinan kamu untuk terpotong kuota. Misalnya nilai kamu 35, tapi karena nilai 35 banyak kembarannya, seseorang diluar sana ada yang nilainya 35 juga tapi dia dapet. Nyzk kan? Oleh karena itu banyak yang gak belajar tapi dapet SBMPTN, karena mereka beruntung, hehehe.

Kalau ingin aman, mendingan belajar :)

Cara belajar orang beda-beda kok. Ada yang harus fokus serius, ada yang gabisa natap buku doang bisanya belajar lewat video youtube atau internet (which is me), ada yang harus latian soal berkali-kali, ada yang harus nonton drama korea dulu it is up to you, sakarepmu weh! Gue juga pas intensif ga les sama sekali kok karena bikin ga fokus. Namun ada juga yang harus les. Banyak banget nget nget nget temen gue yang IPA tapi keterima di jurusan IPS bonafid, mulai dari IPA yang pinter sampe IPA yang santai nyerempet nyerempet males, semua bisa masuk jurusan impian di IPS. Dari anak IPA yang ngerjain matdasnya 11 dan soshumnya dikit, sampe anak IPA yang ngerjain matdasnya cuma 1 dan soshumnya full, macem-macem. Ada yang lolos karena belajarnya pake zenius, ada yang belajar bener-bener cuma 2 minggu, bahkan cuma 3 hari belajar doang pun ada. Proses boleh macem-macem, yang penting tujuan akhirnya sama :D

Cuma pada tahu kan kalau penilaian SBMPTN itu bukan pakai ranking persentase tapi pakai nilai nasional dari skala 0-1000?

Yup, jadi nilai persentae itu sebenernya cuma nilai mentah aja. Ntar nilai mentah kalian bakal diolah pake rumus simpangan baku sehingga didapatkanlah nilai berskala 0-1000 yang berkeadilan. Wkwkwk. Terus gue juga pernah dikasih tau kalau nulis "Saya mengerjakan soal dengan jujur + tanda tangan" itu nilainya ditambah 200 apa 250 gitu(?) gak tau bener apa nggak tapi moga-moga bener yaa. Makanya jangan dianggurin itu kolom kejujuran. Oiya kalau mau tau nilai nasional kalian dan perkiraan kalian lolos dimana, bisa diitung di website quick count yang biasanya diadain sama bimbel.

Soal susah juga gak menjamin kalian gak lolos, karena kalo soalnya lagi susah, passing gradenya jadi kecil, sebaliknya kalau soal lagi gampang passing gradenya jadi tinggi :)
Jadi bisa kok masuk kedokteran UI atau STEI ITB dengan skor 45% kalau soalnya lagi susah HEHEHE :D

Yang terakhir, banyak-banyak berdoa! :)
Makan yang sehat sampai naik 6kg juga gak papa (?)

Saat kalian masuk kuliah, kalian akan bertemu ribuan orang dengan cerita berbeda-beda dan cara masuk yang berbeda-beda, semuanya belum tentu sama dengan kalian :)

Tidak usah minder jika sudah diterima dan merasa belum mampu, karena tempat kuliah lah yang akan menempa kalian dari orang yang tidak mampu menjadi orang yang lebih baik lagi! So semangat guys!

2 komentar:

  1. Memang susah kalau menguasai semua bahan dalam waktu singkat, makanya pinter-pinter cari kisi-kisi lewat soal-soal simulasi ujian. Terus setiap orang memang punya cara belajar sendiri, ada yg dengan ngerjain soal, ada yg dengan menghafal, dan lain sebagainya. Kenalilah dirimu, dan kenalilah lawanmu, maka kemenangan akan ada di tanganmu, kata Sun Tzu =)

    BalasHapus
  2. IHHH BARU BACA AKU DIBALES SAMA KOH KEVEN IDOLAKU DI DUNIA BLOG OMGGG :'')))))) my inspiresyen

    BalasHapus