Selasa, 26 Juli 2016

SBMPTN: The Gate of My University Life

"Lu mau jadi apa?"
"Jadi diplomat." Gue selalu menjawab mantap.

---------

Siang itu tanggal 11 Mei 2016, pengumuman SNMPTN undangan dipercepat satu hari. Gue sedang sendirian di rumah, di ruang komputer yang gelap dengan udara yang agak dingin. Satu jam lagi tepat pukul 13.00, pengumuman SNMPTN akan bisa dilihat.

"Alhamdulillah UNPAD."
"Alhamdulillah UNSOED."
"Alhamdulillah UNBRAW."
"Alhamdulillah Hukum UI.."
"Alhamdulillah Administrasi Negara UI.."

"Selamat yaaa..."

"Lo sendiri gimana hasilnya, Mon? Kok lo belum buka?"

Gue tidak menjawab. Gue terlalu takut. Meski begitu, gue lumayan percaya diri. Banyak temen-temen gue yang out of nowhere diterima di UI (padahal gambling, udah gitu di jurusan yang belum pernah ada alumninya pula). Temen-temen gue yang kerjanya nongkrong nyantai juga banyak yang diterima, apalagi gue lah. Ranking 8 paralel, nilai UN bagus, ada 2 orang alumni jurusan impian gue, dan saingan cuma 1. Masuk akal lah kalau gue dan saingan gue bakal diterima. Udah gitu, nilai rapor gue juga pernah bikin gue lolos seleksi pertama Beasiswa Mitsui Bussan. Dari ribuan anak IPS yang ngirim nilai rapor, gue terpilih bersama 20 anak lainnya. Orang Jepang aja milih gue, apalagi kampus Indonesia ini.

Gue tulis nomor SNMPTN gue. Klik.


------


Gue refresh berulang-ulang laman pengumuman SNMPTN. What the heck? Layar merah itu menatap gue bisu. Menertawakan kesotoyan dan kepedean gue selama ini. Emang enak? Dia mengejek dalam keheningan. Gak minta maap lagi.

All the myth is proven to be truth.

SNMPTN is freaking unpredictable. Iseng-iseng berhadiah, kalo kata guru les gue. Temen gue ada yang nilai UN kecil, alumni gak ada, ranking di bawah gue, tapi lolos UI. Ada pula temen gue yang udah paralel ranking 2, nilai UN tinggi banget, ada alumni, tapi belum lolos. Ada yang prestasi udah banyak banget, nilai UN tinggi banget, tapi ditolak mentah. Gue juga ditolak mentah, sampai pilihan terakhir.

--

H-3 minggu menjelang SBMPTN. Kalo gue gak berbuat sesuatu, dijamin gue bakal NGANGGUR tahun ini.

***

Semua orang pasti punya cita-cita mau ngapain setelah lulus SMA. Kalau mau aman sih kuliah, karena itu semacam investasi buat masa depan. Kalau berani atau nekat sih bisa aja nerusin usaha orang tua, atau kerja kecil-kecilan dari nol. Malah ada yang dijodohin sama pria desa seberang. Tapi lagi-lagi, yang paling aman ya meneruskan pendidikan. Kuliah itu udah keputusan terbaik. Segala macam cara dilakukan untuk mencari uang agar bisa membiayai kuliah. Karena setelah lulus diharapkan kalian menjadi sukses, dan uang yang "diinvestasikan" di awal bisa "balik modal" buat orang tua kalian.

Karena gue anak Depok asli, gue gak pengen kuliah jauh-jauh. Gue pengen kuliah di kampus yang tiap hari Minggu jadi tempat jogging gue. Apalagi, SMA gue sangat berorientasi sama kampus ini. Dari jaman kelas 1 atau 2 SMA, segala macem acara kampus ini diikutin rame-rame ama anak-anak sekolah gue. Termasuk gue. Well, that's my dream. We all must have a goal in life, innit?

Dari bulan November, sekolah gue udah kerjasama dengan bimbel untuk ngadain try out SBMPTN setiap hari Sabtu di sekolah, selang seling dengan pembahasan soal-soal yang dibimbing oleh guru dari bimbel tersebut. Setiap try out, kakak-kakak berjaket kuning (asli UI, bukannya dipinjemin jaket) jadi pengawas di sekolah gue. Gue rajin ikut try out ini (bimbelnya emang tempat bimbel gue sih) sampai 8 kali, total 4 bulan. Gue ikutin semua pembahasannya. Nilai-nilai tryout gue juga okelah, normal. Mengingat gue gak belajar sama sekali buat try out.

Setelah Ujian Nasional berakhir, gue mulai santai. Kerjaannya udah streaming film terus. Belajar cuma di bimbel doang, sampai di rumah gak pernah nyentuh buku lagi. Dan itu berlangsung selama sekitar 3 mingguan. Akhir dari masa leha-leha gue adalah saat gue melihat kotak kecil berwarna merah yang terbahak-bahak di layar HP gue.

***

Buku kuning mulus karya Muhammad Doddy AB itu akhirnya gue buka lagi, setelah terakhir kalinya gue buka kira-kira H-seminggu UN. Gue memutuskan untuk menghabiskan buku ini kembali, gue baca ulang dengan detail hingga hafal dalam waktu 4 hari (iya, pas jaman-jaman ini, apapun yang gue lakukan gue targetin. Harus udah selesai jam berapa. Karena gue sadar, waktu gue cuma 21 hari menjelang SBMPTN. Belum kepotong beberapa urusan seperti milih baju buat perpisahan SMA). Dari pagi gue melek sampai gue merem lagi, gue gak keluar rumah. Gue resapi apapun yang tertulis di buku itu. Kalo ada istilah yang menarik, atau penjelasan yang tanggung langsung gue google (kadang gue screen capt pula). Kadang-kadang, gue sekalian klik-klik informasi lain yang ada di google, kali aja keluar di tes. History Youtube gue mendadak berisi video-video pelajaran.

Gue menghubungi beberapa teman yang lolos SNMPTN demi meminta buku SBMPTN mereka daripada mubazir. Akhirnya gue punya total 3 buku SBMPTN yang masih kosong nan mulus. Rencananya, gue mau ngerjain semua paket yang ada di buku itu (sekitar 27 paket wkwk). Saking gue merasa akan terbatasnya waktu untuk memahami teori dan mengerjakan seluruh 27 paket yang ada, gue sampai gak sempet les SAMASEKALI. Intinya gak sempet ngapa-ngapain kecuali mampir ke rumah temen yang pinter minta diajarin matdas (padahal sebenernya puyeng, lagi pengen keluar aja). Untungnya bimbel gue punya software semacam kumpulan soal ujian dan video penjelasan teori. Gue tonton semua videonya sampai ngerti. Dan untuk matdas, gue sempatkan selama 3 hari full ngerjain soal-soal matdas (sambil liat kunci sih). Gitu aja terus sampai otak ini mendidih.

Hingga akhirnya gue sadar....


PERCUMA JUGA YA PUNYA 3 BUKU, WONG BEBERAPA PAKET JUGA BANYAK YANG SAMA PERSIS SOALNYA. Pesan moral: Gak usah beli banyak-banyak buku SBM. Udah, minta aja ke temen yang lolos undangan.


Target gue juga gak tercapai-tercapai amat sih, gak sampai 27 paket gue selesaikan (karena gue banyak tidurnya, it's bloody tiring). Pokoknya target gue, H-4 SBMPTN gue udah selesai ngerjain paket-paket soal. Gue harus udah tinggal review buku kuning lagi supaya ingatannya makin melekat.

And the D-Day has come...


***

31 Mei 2016, di Universitas Gunadarma, gemetar gue melangkah di antara ribuan anak-anak seumuran atau lebih tua beberapa tahun dari gue. Buku saku warna abu-abu yang berisi soal dan jawaban TPA gue buka-buka. Yup, otak gue udah tidak mampu lagi belajar pelajaran biasa. The last thing I did was trying to master TPA.

Gue duduk literally di depan wajah pengawas. Jam (literally) karet yang gue simpan di saku patah. Satu malaikat gue tidak berfungsi dengan baik hari itu. Maka, dengan tegang gue duduk, kemudian mulai membuka soal TKPA.

Bloody hell....

INI JENIS SOAL APAAN YA? Baru banget wow. Gue gak pernah nemu tipe seperti ini beberapa tahun belakangan. Ada gitu soal tentang hubungan sebab akibat, tetapi dengan bahasa yang super rumit dan ambigu. Karena ini tipe soal baru, gue sama sekali gak bisa memahami logika si pembuat soalnya. Jadilah daripada kosong gue isi aja 2 yang (menurut gue) mungkin bener. Lanjut ke soal berikutnya, figural. MAKIN EDAN. Figuralnya bener-bener gak segampang yang ada di tryout-tryout. Bener-bener SUSAH.

Selama tes SBMPTN, gue bengong, alesannya karena soalnya bikingue bener-bener pusing, lemes, laper. Gue gak mampu berpikir jernih. Saat itu gue sama sekali gak ada perasaan kalau gue sedang benar-benar mengerjakan soal SBMPTN. Perasaan gue itu cuma tryout semata. Karena bukannya mikir malah bengong, gue saat itu bener-bener yakin kalau tahun depan, gue akan KEMBALI mengerjakan soal SBMPTN. Gue yakin gak bakal lolos.

Sementara pengawas masih sibuk dengan gadgetnya, gue melirik jam karet putus gue. Tidak terasa waktu tinggal 45 menit lagi. Soal kemampuan dasar masih kosong melompong. Buru-buru gue coba isi soal matdas. Ada gitu tentang lingkaran, gue udah coba cari-cari bermenit-menit GAK ADA JAWABANNYA. Huft, untung ada satu tentang persamaan yang gampang banget. Jadi matdas gue cuma keisi satu.

Gue berpaling ke Bahasa Indonesia. Bibir gue yang kering mulai berdarah, dan darahnya berceceran di jari-jari gue. Dengan menahan sakit karena keringnya bibir, badan gue juga lemes baca soal Bahasa Indonesia. Aiyaaa, it's nothing like tryouts! RANCU PARAH, kayak, apa-apaan soal ujian masuk PTN masih ada aja soal yang jawabannya bias/pendapat? Tapi daripada LJK sepi, gue isi lumayan banyak. Gue berpaling ke Bahasa Inggris, MAKIN SUSAH AJA YA GUSTI. Tetapi karena gue panik dan lupa dengan adanya sistem minus, gue isi LUMAYAN BANYAK.

Dan akhirnya, bel pun berbunyi!

Gue ketawa-ketawa pasrah pas keluar dari kelas. Ya udahlahya, paling juga gak dapet. Ah, masih ada SIMAK UI ini. Ah, masih ada tahun depan ini. Gue tertawa getir.

Setelah selesai istirahat, dengan perut kenyang gue bersiap-siap menerima soal soshum. Hati gue lebih tenang dan badan gue tidak selemas tadi.

---

Begitu soal soshum dibagikan, gue udah siap-siap akan kegagalan gue yang berikutnya. Dengan hati-hati gue membuka soalnya.

Alhamdulillah, puji Tuhan. Soal-soal SOSHUMnya gampang banget! Saking gampangnya, gue jadi curiga jangan-jangan guenya yang ge-er atau sok tau? Soalnya betul-betul tipikal soal yang biasa gue kerjakan di try out atau buku latihan. Emang ada yang gue gak tahu jawabannya sih, tapi jawaban aslinya mudah ditebak/dikira-kira. Gue jadi curiga, jangan-jangan ini semua cuma jebakan?

Tetapi gue inget, paling juga gue gak dapet. Ibaratnya ya udah kepalang tanggung, isi aja deh yang banyak! Daripada kosong! Akhirnya gue berhasil mengisi sekitar 47 soal dari 60. Masih ada sisa waktu pula, jadinya gue memeriksa lagi dan lagi. Gue pastiin yang gue jawab adalah benar, dan yang gue kosongin itu gue bener-bener gak tau/gak bisa dikira-kira jawabannya. Tetapi, perasaan gue, seluruh 47 soal yang gue isi itu benar semua.

Saat itu gue tidak berpikir, bahwa apabila gue mudah mengerjakan soalnya, bisa aja semua anak juga gampang mengerjakannya.

***

(to be continued)

1 komentar: